• Selasa, 29 November 2022
  • Pemerintah Desa Prigi
  • Umum
  • di baca : 106 kali

Seleksi Pengisian Perangkat Desa Prigi

Selasa (29/11) di BKD Banjarnegara (sebagai pemfasilitas) dilaksanakan Computer Assisted Test (CAT) pada kegiatan Seleksi Perangkat Desa Prigi, Kecamatan Sigaluh,  bertempat di Aula CAT BKD Kabupaten Banjarnegara. 


Acara yang dibuka secara langsung oleh Camat Sigaluh, Izak Danial Aloys S.STP., M.Si. pada pukul 09.00 WIB, Beliau memberikan sambutan kepada peserta yang akan mengikuti proses seleksi serta menjelaskan bahwa tiap peserta nanti akan menempuh 2 ujian, yaitu (1) ujian tertulis menggunakan sistem CAT, dan (2) ujian Praktek menggunakan MS Office. 


Diharapkan dengan metode CAT ini, peserta mendapat sistem ujian yang cepat, akurat dan transparan sedangkan ujian praktek MS Office untuk dapat mengukur ketrampilan dan penguasaan aplikasi komputer dari calon pejabat perangkat desa.


Ujian CAT BKD ini merupakan seleksi menggunakan aplikasi dengan alat bantu komputer yang secara langsung dapat menampilkan hasil ujian dari para peserta, sehingga nilai hasil ujiannya benar-benar transparan dan tidak ada rekayasa apapun. 


Bahwasanya seleksi perangkat desa Prigi kali ini memperebutkan 1 formasi jabatan, yaitu Kaur Perencanaan. Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti ujian CAT ini sebanyak 13 orang. 


Sebelum dan selama acara ujian berlangsung, pengawasan secara ketat dilakukan oleh Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Prigi, yang didampingi pula pihak dari Polisi Sektor Sigaluh dan Komando Rayon Militer 12 Sigaluh. Hal ini dimaksudkan agar keamanan dan ketertiban prosesi ujian perangkat dapat berjalan lancar sesuai rencana, serta terjaminnya transparansi tanpa ada rekayasa dari pihak manapun.


Dari mulai proses penyerahan Soal ujian CAT dari pihak Kecamatan kepada Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa yang dilanjutkan diserahkan ke Panitia CAT-BKD untuk proses unggah soal ke Server sistem CAT hingga penyegelan ruang server disaksikan bersama oleh seluruh peserta seleksi serta diawasi pihak berwenang.